Universitas Terbaik di Malaysia

 

Malaysia adalah sebuah negara federal yang terdiri dari 13 belas negari dan 3 wilayah federal di Asia Tenggara dengan luas 330.803 km persegi. Ibu Kotanya adalah Kuala Lumpur, sedangkan Putrajaya menjadi pusat pemerintahan federal.

Malaysia merupakan salah satu negara tujuan untuk menuntut ilmu. Faktor utama yang menjadikan Malaysia sebagai negara yang ideal untuk menuntut ilmu adalah tingkat kualitas pendidikannya yang melaju pesat. Hal ini terbukti dari peringkat universitas-universitas terbaik di Malaysia yang terus naik secara konsisten di QS World University Rangkings dalam beberapa terakhir ini.

Biaya kuliah di Malaysia cukup terjangkau, jika dibandingkan dengan biaya kuliah di negara-negara lain, seperti Eropa dan Amerika Serikat. Biaya kuliah di negeri Jiran ini hanya sepertiga dari harga kuliah di negara Eropa dan AS. Selain itu, Malaysia juga menyediakan berbagai beasiswa dan kesempatan kerja/magang bagi pelajar Internasional.

Lantas, universitas terbaik di Malaysia apa saja? Berikut urutannya.

10 Universitas Terbaik di Malaysia

Berikut daftar universitas terbaik di Malaysia versi QS WUR 2023:

1. Universiti Malaya (UM)

Universiti Malaya (UM) berada di peringkat 1 dan urutan 70 di dunia. Universitas Malaya adalah universitas tertua di Malaysia yang didirikan pada 1890 yang sebelumnya dikenal dengan King Edward VII College of Medicine. Saat ini, UM dikenal sebagai universitas terbaik di Malaysia dan menjadi incaran banyak orang Indonesia ketika memilih untuk kuliah di Malaysia.

2. Universiti Putra Malaysia

Universiti Putra Malaysia (UPM) berada di posisi 2 dan urutan 123 di dunia. Sejarah terbentuknya UPM dimulai pada tahun 1931 sebagai Sekolah Pertanian dan kemudian berubah menjadi Universiti Pertanian Malaysia pada 1971 yang merupakan gabungan dari Fakultas Pertanian Universiti Malaya dan Kolej Pertanian Malaysia Serdang.

Universiti Putra Malaysia (UPM) terletak di Serdang, Selangor, Malaysia. UPM merupakan salah satu dari lima universitas utama di Malaysia dan juga merupakan salah satu dari empat universitas pertanian terkemuka di dunia.

UPM memiliki beberapa program yang diakui oleh pemerintah Malaysia serta dari institusi-institusi pendidikan lainnya, seperti program Pertanian yang diakui oleh Lembaga Pertanian Malaysia (Department of Agriculture Malaysia) dan program Keperawatan yang diakui oleh Majlis Kejururawatan Malaysia (Nursing Board Malaysia).

3. Universiti Kebangsaan Malaysia

Universiti Kebangsaan Malaysia (UKM) berada di peringkat ke 3 dan urutan ke 129 di dunia. UKM didirikan pada tahun 1970 yang berlokasi di Bangi, Selangor, Malaysia. UKM menjadi 1 dari 4 universitas terbaik di Malaysia yang dipercayakan untuk melakukan berbagai riset nasional dan internasional.

Menariknya, sejak tahun 2010 UKM telah bekerjasama dengan University of Oxford dan telah menghasilkan program untuk berbagai kegiatan akademik dan penelitian, seperti:

·         Proyek penelitian dan publikasi bersama, dimana para peneliti dari kedua institusi bekerja sama dalam proyek-proyek yang menjadi kepentingan bersama.

·         Program pertukaran pelajar, yang memungkinkan pelajar dari UKM untuk belajar di Oxford, vice versa.

·         Program gelar bersama, yang memungkinkan pelajar memperoleh gelar dari Oxford dan UKM dengan menyelesaikan kuliah di kedua institusi.

·         Workshop dan konferensi bersama, yang mempertemukan ilmuwan dan peneliti dari kedua institusi untuk berbagi ide dan berkolaborasi dalam proyek.

·         Kolaborasi juga mencakup kesempatan bagi mahasiswa dan dosen untuk melakukan penelitian di bidang lain seperti bioteknologi, energi yang dapat diperbarui, dan pembangunan berkelanjutan.

·         Kolaborasi ini juga memungkinkan kedua institusi untuk bertukar pengetahuan, keahlian, dan sumber daya di bidang yang menjadi minat bersama.

·         Kolaborasi antara Universitas Oxford dan UKM bertujuan untuk mempromosikan berbagi ide dan pengembangan pengetahuan baru, dan untuk memberikan kesempatan bagi pelajar dan pengajar untuk mendapatkan perspektif global di bidang studi mereka.

4. Universiti Sains Malaysia

Universiti Sains Malaysia (USM) berada di peringkat ke-4 dan urutan 143 di dunia. USM adalah universitas tertua kedua di Malaysia yang didirikan pada tahun 1969 dan menjadi salah satu universitas terbaik di Malaysia.

Seperti namanya, USM terkenal dengan program-program sains dan teknologi yang ditawarkannya, seperti program studi dalam bidang fisika, kimia, matematika, dan ilmu komputer.

Universiti Sains Malaysia (USM) memiliki banyak kerjasama dengan universitas di Malaysia maupun di dunia. Kerjasama ini dapat berupa pertukaran mahasiswa, kerjasama penelitian, program double degree, dan lain-lain. Beberapa universitas yang bekerja sama dengan USM adalah:

·       Australia: University of Queensland, Monash University, dan University of Wollongong.

·       Jepang: Kyoto University, Osaka University, dan Tohoku University.

·   Eropa: University of Ghent (Belgium), University of Leuven (Belgium), dan University of Twente (Belanda)

·   Amerika Utara: University of California, Berkeley, University of Texas at Austin, dan University of British Columbia.

5. Universiti Teknologi Malaysia

Universiti Teknologi Malaysia berada di peringkat 5 dan ururtan 203 di dunia. Sejarah Universiti Teknologi Malaysia (UTM) dimulai pada tahun 1904, ketika sebuah institusi pendidikan teknologi di Johor Bahru, Malaysia dibuka dengan nama Technical School. Institut ini menyediakan pendidikan di bidang teknik dan industri, dan pada tahun 1912, diubah menjadi Technical College.

Pada tahun 1975, Technical College ini ditingkatkan menjadi Universiti Teknologi Malaysia (UTM), yang menjadi salah satu dari beberapa universita dengan basis teknologi di negara ini. UTM menawarkan program-program sarjana dan pascasarjana unggulan dalam bidang teknik, sains, dan teknologi informasi.

UTM telah melakukan banyak penelitian dan pengembangan dalam bidang teknik, sains, teknologi informasi, dan lain-lain yang telah memberikan kontribusi yang besar dalam pembangunan negara: pengembangan mobil listrik, pengembangan ICT Strategic Planning, hingga penanganan COVID-19 silam.

Fasilitas olahraga yang dimiliki terbilang cukup megah dengan stadion sepakbola berkapasitas 40,000 penonton, kolam renang berstandar Olympic, serta Kayak dan pacuan kuda.

6. Taylor’s University

Taylor’s University adalah sebuah universitas swasta di Malaysia yang didirikan pada tahun 1969 dan berlokasi di kota Subang Jaya, Selangor, Malaysia. Universiti ini berada di peringkat ke-6 dan urutan 284 di dunia.

Taylor’s University punya kerjasama dengan beberapa universitas di dalam dan luar negeri. Beberapa universitas yang bekerjasama dengan Taylor’s University diantaranya adalah: Murdoch University di Australia, University of Ottawa di Kanada, hingga University of Birmingham di UK.

7. UCSI University

UCSI University adalah sebuah universitas swasta terbaik yang berlokasi di Malaysia dan didirikan pada tahun 1986 oleh Dato’ Peter T. S. Ng, konglomerat yang bergerak di bidang pendidikan, konsultasi, kesehatan, perhotelan, properti, dan teknologi. UCSI University memiliki tiga kampus di Malaysia, di Kuala Lumpur, Terengganu, dan Sarawak.

UCSI berada di peringkat ke-7 dan urutan 284 di dunia. UCSI Universiti memiliki beberapa program yang diakui oleh pemerintah Malaysia serta dari institusi-institusi pendidikan lainnya, seperti program Sarjana Keperawatan yang diakui oleh Majlis Kejururawatan Malaysia (Nursing Board Malaysia) dan program sarjana teknik yang diakui oleh Lembaga Pembangunan Industri Pembinaan Malaysia (Construction Industry Development Board Malaysia).

UCSI University juga memiliki program-program yang diakui oleh institusi-institusi pendidikan luar negeri, seperti program Sarjana Bisnis yang diakui oleh Chartered Institute of Management Accountants (CIMA) dan program Sarjana Teknik yang diakui oleh Institution of Engineers, Malaysia (IEM).

Secara umum, UCSI University dikenal sebagai universitas yang menawarkan pendidikan yang berkualitas dan program-program yang inovatif serta memiliki fasilitas yang memadai serta dosen yang berpengalaman.

8. Universiti Teknologi PETRONAS (UTP)

Universiti Teknologi PETRONAS (UTP) berada di peringkat ke-8 dan urutan 361. UTP adalah universitas terbaik di Malaysia yang didirikan pada tahun 1993. Universitas ini didirikan oleh PETRONAS, perusahaan minyak nasional Malaysia, dan berfokus pada bidang teknologi dan ilmu-ilmu teknik. UTP memiliki satu kampus utama yang terletak di Bandar Seri Iskandar, Perak, Malaysia.

UTP menawarkan berbagai program pendidikan, termasuk program sarjana dan pascasarjana dalam bidang teknik, teknologi, dan ilmu-ilmu alam. Fakultas utama di UTP termasuk Fakultas Teknik Kimia, Fakultas Teknik Elektrik dan Elektronik, Fakultas Teknik Mekanikal dan Penerbangan, Fakultas Teknik Sains, dan Fakultas Teknologi Kejuruteraan.

UTP menawarkan berbagai program pendidikan, termasuk program sarjana dan pascasarjana dalam bidang teknik, teknologi, dan ilmu-ilmu alam. Fakultas utama di UTP termasuk Fakultas Teknik Kimia, Fakultas Teknik Elektrik dan Elektronik, Fakultas Teknik Mekanikal dan Penerbangan, Fakultas Teknik Sains, dan Fakultas Teknologi Kejuruteraan.

Universitas ini memiliki program yang diakui oleh pemerintah Malaysia serta dari institusi-institusi pendidikan lainnya, seperti program Sarjana Kejuruteraan Kimia yang diakui oleh Lembaga Kejuruteraan Malaysia (Board of Engineers Malaysia) dan program sarjana teknik yang diakui oleh Lembaga Pembangunan Industri Pembinaan Malaysia (Construction Industry Development Board Malaysia).

9. Universiti Utara Malaysia (UUM)

Universiti Utara Malaysia (UUM) adalah sebuah universitas negeri di Malaysia yang didirikan pada tahun 1984. Universitas ini terletak di bandar Sintok, Kedah, Malaysia. UUM berada diperingkat 9 dan urutan 481 di dunia. Universiti ini memiliki empat fakultas utama: Fakultas Ekonomi, Fakultas Sains Sosial dan Kemanusiaan, Fakultas Teknologi Maklumat dan Sains, dan Fakultas Pengurusan.

Universiti Utara Malaysia (UUM) memiliki beberapa akreditasi oleh institusi luar negeri:

·         UUM diakui oleh Lembaga Akreditasi Negara (LAN) atau National Accreditation Board (NAB) yang ditunjuk oleh Kementerian Pendidikan Tinggi Malaysia (MOHE) sebagai institusi pendidikan tinggi yang memenuhi standard kualitas yang ditetapkan oleh pemerintah.

·     Program Sarjana Ekonomi UUM diakui oleh Chartered Institute of Management Accountants (CIMA), yang merupakan sebuah organisasi profesional dalam bidang akuntansi dan manajemen.

·   UUM juga diakui oleh beberapa institusi luar negeri lainnya seperti Association of Commonwealth Universities (ACU), ASEAN University Network (AUN), dan Commonwealth of Learning (COL).

·     UUM juga diakui oleh beberapa institusi profesional luar negeri seperti The Institution of Engineers, Malaysia (IEM) dan The Institution of Mechanical Engineers (IMechE)

·    UUM diakui juga oleh beberapa organisasi internasional yang diakui di bidang pendidikan tinggi di Malaysia seperti The Association to Advance Collegiate Schools of Business (AACSB), The Accreditation Board for Engineering and Technology (ABET), dan The International Association of Universities (IAU).

10. Sunway University

Sunway University berada di peringkat 10 dan urutan 601-650 di dunia. Sunway University adalah universitas swasta di Malaysia yang didirikan pada tahun 1987. Universitas ini didirikan oleh Sunway Group, sebuah perusahaan keluarga Malaysia yang bergerak dalam bidang properti, pendidikan, dan perhotelan. Sunway University terletak di Bandar Sunway, Selangor, Malaysia.

Sunway bisa dibilang merupakan universitas swasta terbaik di Malaysia; mereka punya fasilitas yang sangat baik yang cocok bersaing dengan universitas top dunia. Lokasinya terletak dengan baik yang memiliki tempat untuk membuat jaringan dan memiliki tempat rekreasi, perbelanjaan, tempat tinggal, gaya hidup dan hiburan yang nyaman dan berstandar tinggi serta aktivitas di daerah setempat.

Demikianlah urutan universitas terbaik di Malaysia. Semoga informasi ini bermanfaat.

Komentar